Jakarta Juga Kampung Gue...


Gue termasuk salah satu anak yang ditakdirin untuk ngerasain banyak hal di balik Jakarta punya cerita. Gimana enggak, sejak dibrojolin nyokap gue sampe lulus SMA alhamdulillah gue adem ayem aja hidup di Jakarta yang segitu panasnya. Meskipun sejak kuliah di salah satu kampus di Bandung kebanyakan aktifitas gue mulai beralih ke kota lain, Jakarta tetap jadi kampung idola gue. 

Ngomong-ngomong soal Jakarta punya cerita, mungkin aspal di sepanjang kota Jakarta gak cukup buat ditulisin semua cerita di seputar kehidupan di kota ini. Begitulah kota multikultur yang satu ini, dari uda-uda nasi kapau, mbok jamu gendong, preman terminal sampai wan abud keturunan raja minyak dari Arab ada di sini. Istilah kerennya "numplek!"

Di mata banyak orang, Jakarta punya berbagai kesan baik menyenangkan maupun menyebalkan. Dalam hal menyenangkan, Jakarta memang surganya fasilitas, apalagi di dunia hiburan. Berbagai arena wisata keluarga, pusat perbelanjaan, pusat jajanan sampe hiburan malam tersebar hampir di tiap sudut kota. Dari pentas tradisional, klasik, moderen yang berupa panggung musik, teater, tarian dan sebagainya bisa dinikmatin sekenyang-kenyangnya di sini.

Nah, ngomongin soal bagian ngeselinnya Jakarta, waduh... gak cukup kayaknya catatan ini untuk numpahin uneg-uneg gue soal yang satu ini, hehehe... Seenggaknya, kemacetan yang udah jadi sohibnya jalanan, rawannya kejahatan, pergaulan negatif plus banyaknya preman, pengerusakan fasilitas sampai banjir yang udah jadi langganan warga Jakarta hampir tiap tahun udah jadi daftar tetap setumpuk masalah rutin di Jakarta. 

Dalam hal premanisme, Jakarta emang 'jagonye'. Banyak tempat di Jakarta jadi kantong berkumpulnya para 'pitung gak kesampean' ini. Istilah "lo senggol gue bacok" udah  bukan hal yang aneh didengar di sini. Nggak tau kenapa. 
Apa memang udah gen para preman ini punya jiwa 'patriotisme' segitu tingginya sampe ngawur atau suhu panas di Jakarta yang bikin orang-orang ini darah tinggian gak sembuh-sembuh. Entahlah..! Nggak jarang ada warga pendatang atau wisatawan yang ekstra protektif ngejagain dirinya selama di Jakarta. Naik mobil umum, sewaan maupun mobil pribadi tetap aja kriminal mengincar. Nggak kecopetan di bis, ya dirampok di taksi atau dicegat kawanan preman saat bawa mobil pribadi. Eeeits, tenang dulu..! Itu ekstrimnya. Masih sangat banyak koq tempat-tempat yang aman di Jakarta, tinggal gimana kita memahami situasi dan ngejaga diri. 

Dalam kehidupan sosial, individualisme masyarakat Jakarta cukup tinggi. Pokoknya disini 'masalah loe derita loe'. Sampe-sampe gue pernah ngerasain kecopetan di bis umum trus panik sementara orang di kanan-kiri gue tenang-tenang aja dan pasang muka dingin, bibir pucet dan muka putih *gak segitunya juga kali*.

Kalo urusan 'dikriminalin' sampe mengenal 'kriminal'nya langsung, gue udah cukup kenyang dapetin itu semua di Jakarta. Bukannya gue gak takut, tapi mungkin udah terbiasa. Pulogadung, Pasar Rumput, Tipar Cakung, Semper, Tanjung Priuk yang dikenal banyak premannya adalah wilayah 'jajahan' gue dari gue lahir sampe tamat SMA.*bangga?*

Sejak kuliah, Jakarta memang bukan lagi rumah bagi gue. Tapi setiap kali gue inget masa-masa yang 'ajaib' di Jakarta dulu, rasa kangen gue gak bisa gue bendung. Apalagi sekarang gue udah tinggal di Banda Aceh yang segitu jauhnya. Gue gak bisa lagi mondar-mandir seenaknya buat nengok kampung halaman gue ini. Andai aja Banda Aceh-Jakarta bisa gue tempuh cuma dengan naik ojek, ah indahnya... 

Saat ini banyak warga asli Jakarta yang udah milih ngungsi ke kota lain dengan berbagai alasan seperti ikut suami, ikut istri, pindah kerja sampe memang memutuskan pindah karna udah ngerasa sumpek dengan padatnya Jakarta. Biarpun begitu, khususnya bagi gue sendiri, Jakarta tetap jadi perhatian penting biarpun cuma bisa dipantau lewat tv atau media lainnya. Saat ini warga Jakarta lagi milih calon pemimpin baru. Semoga aja mereka gak salah pilih apalagi cuma gara-gara lihat iklan. Pilih gubernur koq kayak pilih sabun cuci? Apalagi, gw denger beberapa fasilitas kota sempet dimanfaatin para calon untuk nyari simpati warga. Kita tunggu aja, calon yang kepilih apa bisa ngeberesin masalah banjir tahunan, kemacetan parah dan segudang masalah terberat yang betah banget nemenin Jakarta dari dulu.

Dari jauh sini, gue juga punya aspirasi buat Jakarta. Semoga aja bisa terwujud. Toh Jakarta masih kampung halaman gue kan? 

Di ulang tahun Jakarta yang ke-485, gue mau ngucapin selamat ulang tahun Jakartaku, semoga semakin baik dari waktu ke waktu.


-22 Juni 2012-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Sambal Roa dan Pecel Madiun Bertemu dalam Jamuan Sosial dan Kekinian

Pengalaman Room Tour di Rooms Inc untuk Rekomendasi Hotel di Semarang

Pidato Jokowi dan Kiprah Indonesia di PBB