Mempertimbangkan yang Terbaik untuk Hari Tua

Selama ini kita sibuk berpikir untuk mencukupi aneka kebutuhan kita hari ini, biaya kebutuhan pokok setiap bulan, biaya pendidikan anak, membeli pakaian, perawatan tubuh, perawatan kesehatan sampai kebutuhan hiburan seperti jalan-jalan, makan-makan di luar rumah, pergi ke taman hiburan dan lainnya. Banyak yang menjadi fokus kebutuhan kita. Tapi, seringkali kita lupa bahwa hidup ini akan ada titik akhirnya. Jika kita telah memiliki anak-anak, tentunya kita berharap hidup mereka di masa dewasa akan menemui kesuksesan mereka, akan bahagia dan tenang.  Sebagai orang tua yang nanti pasti menemui masa tua, saya tak mau jika kelak hari tua saya membebani anak-anak, walaupun mereka berkomitmen mau mengurus saya. Karena, hidup tak dapat ditebak. Bagaimana kondisi anak-anak saya kelak saya tak tahu. Yang pasti, saya tak mau membebani siapapun nantinya.

Saya sendiri melihat ibu saya sejak ditinggal wafat oleh ayah saya tak ada jaminan pasti mengenai nasib hari-harinya. Saya dengan adik-adik memang berkomitmen untuk mengurus ibu kami. Tapi, kondisi ekonomi kami yang fluktuatif membuat kami bergantian dalam mengurus segala keperluan hidup ibu saya. Ingin rasanya saya mencukupi semua keperluan ibu saya agar ia menikmati hari tuanya tanpa beban apapun. Dulu, almarhum ayah saya memang mengikuti beberapa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Begitu ayah saya meninggal, klaim asuransi jiwa kami pakai untuk membiaya segala sisa keperluan pemakaman beliau, sisa hutang obat-obatan yang tidak ditanggung pihak asuransi dan untuk memperbaiki tempat tinggal ibu saya saat itu. Padahal, ibu saya sangat membutuhkan jaminan untuk hidupnya selanjutnya. Andaikan ada asuransi yang menjamin hari tua ibu saya tercukupi kebutuhannya mungkin akan ayah saya ikuti. Apalagi, ayah dan ibu aya bukan pegawai negeri atau instansi negara yang memiliki jaminan pensiun. 

Saya baru mengetahui ada asuransi untuk masa pensiun atau hari tua yang bisa kita ikuti. Asuransi ini bernama “Asuransi Retirement Life Plan” yang dikeluarkan oleh Asuransi Sequislife. Padahal, kita seringkali boros menggunakan uang penghasilan pada hal-hal yang tak jelas manfaatnya. Jika kita bijak, pengeluaran tak jelas itu tentu lebih baik dialihkan untuk menabung dan membayar premi asuransi yang menjamin ketenangan hari tua kita nanti. Saat ini, uang seperti tak lagi ada nilainya karena banyak hal menarik dan hiburan yang menggoda. Tapi itu sebenarnya jadi hal yang bisa membuat kita menyesal nantinya. 


Sequis membuat kita yang sebenarnya tak memiliki jaminan pensiun tetap bisa menikmati masa pensiun dengan adanya Uang Pertanggungan buat kita dan anggota keluarga yang kita ikutsertakan. 

Kelebihan dari asuransi Retirement Life Plan milik Sequislife ini pertama yaiitu di antaranya adalah Uang Pertanggungan (UP) akan diberikan kepada pihak Tertanggung kalau Tertanggung meninggal dunia sebelum masa pensiun ataupun sesudah masa pensiun. Plan asuransinya bisa kita pilih sendiri di antara keduanya itu. 

Yang kedua, Death Terminal Bonus akan dibayarkan ke pihak Tertanggung sampai dengan 100% UP sesuai tabel perhitungan tahun polis saat si Tertanggung meninggal dunia. 

Yang ketiga, manfaat pensiun 100% dari UP akan diberikan ke pihak Tertanggung kalau Tertanggung bertahan hidup di akhir tahun Polis Asuransi itu berlaku (sesuai plan yang dipilih).

Yang keempat, manfaat Jatuh Tempo akan diberika 100% dari UP jika Tertanggung mencapai usia 100 tahun yang akan ditambah dengan Maturity Terminal Bonus sampai dengan 100% dari nilai UP. 

Yang kelima, asuransi “Retirement Life Plan” ini bisa dikombinasikan dengan asuransi lainnya yang bersifat Rider, seperti Accident Rider, Accident Death and Disablement, Level Term Rider dan Dread Desease Rider.jadi jika dikombinasikan dengan asuransi lainnya maka kecelakaan, sakit dan kematian lebih terjamin baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

Yang keenam, program asuransi masa pensiun ini memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah, seperti adanya Nilai Tunai, Masa Keleluasaan, PInjaman Polis Otomatis, Pemulihan Polis, Polis Bebas Premi, Uang Pertanggungan Berkurang, Pinjaman Polis, Perpanjangan Masa, Pertanggungan Asuransi, Perubahan Uang Pertanggungan, Masa Mempelajari Polis dan Perubahan Metode Pembayaran Premi. Sangat banyak ya manfaatnya?

Siapapun mulai usia 1 bulan hingga usia 60 tahun bisa 
mendaftar untuk ikut serta dalam polis ini. Untuk pembayaran premi menggunakan mata uang rupiah, periode pilihannya ada 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun dan 25 tahun. Sementara itu, untuk premi menggunakan mata uang US$ maka pilihan periode pembayaran preminya yaitu 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun. Dengan catatan, masa pembayaran premi tak boleh melebihi usia pada plan yang diambil.

Polis ini berlaku hingga nasabah maksimum berusia 100 tahun dan masa pertanggungan maksimum selama 100 tahun. Menarik sekali ya?

Saya memang belum mengetahui terlalu detail soal asuransi Retirement Life Plan ini tapi kalau pembaca mau tahu lebih banyak soal program asuransi ini bisa klik link https://www.sequis.co.id atau langsung ke https://www.sequis.co.id/id/asuransi-jiwa/individu/dana-pensiun/Asuransi-Retirement-Life-Plan. Siapa tau punya pertanyaan langsung ke pihak Sequislife, pembaca bisa berkirim email ke alamat care@sequislife.com.

Wah, saya jadi bersemangat untuk bergabung dengan Asuransi Retirement Life Plan ini….!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Sambal Roa dan Pecel Madiun Bertemu dalam Jamuan Sosial dan Kekinian

Tradisi "Masawang-sawangan" dan "Matombol-tombolan" Keluarga Kawanua dan Khidmat Paskah dalam Masa Pandemi Covid-19

Pengalaman Room Tour di Rooms Inc untuk Rekomendasi Hotel di Semarang