Kenapa Gak Berjilbab?

Ini mulai jadi pertanyaan sebagian orang yang melihat anak gadis saya yang baru masuk ke SD dengan seragam panjangnya. Sssstt! Bukan sekedar pertanyaan sih, tapi lebih kepada pemaksaan, hehehe... Kenapa ya?

Di sekolah-sekolah negeri sekarang kita lihat banyak siswi muslim yang memakai jilbab. Bahkan, kabarnya ada beberapa sekolah yang mewajibkan jilbab untuk siswi muslim. Padahal, sekolah negeri jelas gak berpatokan pada sistem suatu agama tertentu. Saat membeli seragam, anak saya Aisha memang memilih rok panjang dan kemeja tangan panjang untuk dipakainya. Tapi, alasan dia mah supaya mirip princess katanya, hehehe...

Aisha suka juga memakai jilbab di beberapa kali kesempatan acara atau di pengajian anak. Dia yang memintanya sendiri. Makanya saya menyetok jilbab untuknya. Tapi untuk di sekolah saat saya tanya apa dia mau pakai jilbab, dia bilang gak mau. Belum mau mungkin ya... Katanya gerah kalau belajar di sekolah pakai jilbab. Saya pun memakluminya.

Ada beberapa orang tua yang saya tau mewajibkan putrinya berjilbab sejak kecil meskipun si anak belum akil balig (memasuki masa remaja subur dengan ditandai datangnya menstruasi). Selain itu, anak-anak kecil itu juga belum paham maknanya jilbab yang mereka pakai. Saya berpikiran positif aja, mungkin si orang tua ingin anaknya terbiasa lebih dulu dengan pakaian islami. Gak ada masalah, selama orang tua dan anak merasa nyaman, gak ada yang tertekan ya biar aja toh?

Trus, masalahnya di mana? Masalahnya ya di pikiran kita yang masih suka usil dengan cara berpakaian orang lain! Kenapa kita harus pusing ketika melihat orang lain pakai baju yang menurut kita gak sesuai, gak keren, gak nyambung warnanya, kebarat-baratan atau ke arab-araban. Selama mereka gak mengusik hak orang lain, kenapa harus diusilin?

Kecuali, kecuali nih yaa... ada orang yang pakai kostum duri-duri yang bisa menusuk orang lain... bolehlah kita protes...! Atau, ada yang melanggar aturan resmi soal seragam di sebuah instansi. Jangan marah kalau kena teguran soal pelanggaran kostum yang satu ini.
Saya muslim berjilbab dan saya menghormati pilihan cara berpakaian orang lain. Yuk, kita fokus pada kualitas diri ketimbang ngeributin bungkusan orang lain. Indonesia itu indah dengan kebhinekaannya... 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Sambal Roa dan Pecel Madiun Bertemu dalam Jamuan Sosial dan Kekinian

Pengalaman Room Tour di Rooms Inc untuk Rekomendasi Hotel di Semarang

Pidato Jokowi dan Kiprah Indonesia di PBB